Senin, 30 November 2015

GELOMBANG OTAK

GELOMBANG OTAK

Ada empat gelombang otak yang terdapat pada manusia yaitu beta,alpha,theta dan delta.Gelombang-gelombang ini bahkan bisa diukur dengan sebuah alat bernama EEG(Electro Enchelography).sebenarnya ke empat gelombang ini muncul dan bekerja secara bersamaan pada manusia, hanya saja jika salah satu bekerja lebih aktif dan dominan maka ke tiga gelombang yang lain cenderung menjadi aga pasif.
1.Gelombang Beta (12-40 Hz)
  gelombang otak dengan frekuensi paling tinggi dan paling sering di pakai oleh manusia.masyarakat kita menyebut beta sebagaipikiran sadar”. Saat beta aktif maka pikiran manusia mempunyai sistem pertahanan berupa penyaring informasi yang di sebut dengan “ area kritik”.
2.Gelombang Alpha (8-12 Hz)
  Gembang alpha merupakan area sugestif berhubungan dengan kondisi yang rileks dan santai.Alpha  merupakan jembatan penghubung menuju alam bahwa sadar.Dalam Alpha ,area kritik dari gelombang beta  mulai melemah sehingga semua informasi bisa masuk  kedalam pikiran dan merasakan sensasi di seluruh indera kita dengan  lebih maksimal.
3.Gelombang theta (4-8 Hz)
  Gelombang theta sering kita rasakan saat kita tidur dan bermimpi. Kadang-kadang mimpi yang kita alami bisa meninggalkan rasa takut mendalam atau kebahagiaan yang luar biasa dalam pikiran kita dan bahkan perasaan tersebut bisa terbawa sampai kita terbanggun padahal kita jelas mempunyai pengetahuan bahwa kita tidak benar-benar mengalaminya. Theta merupakan wujud utuh dari pikiran bawah sadar. Theta merupakan tempat penyimpanan ingatan jangka panjang dan jangka pendek merupakan inspirasi, kenangan, sensasi dan perasaan manusia yang kebanyakan  terlupakan oleh pikiran sadar. Dalam theta Area kritik benar-benar nonaktif sehinga sugesti yang di tanamkan dalam kondisi theta bisa langsung di terima dan di jalankan oleh pikiran manusia
4.Gelombang Deltha(0,1-4Hz)
  Gelombang otak dengan frekuensi terlemah yang kita rasakan saat tertidur sempurna tanpa mimpi. Dalam gelombang Deltha manusia mengalami proses istirahat untuk pemulihan dirinya. Ini adalah satu-satunya gelombang yang terputus dari dunia luar sehinga komunikasi maupun Rapport tidak bisa di jalin pada gelombang Deltha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar